Kamis, 09 November 2017

Tugas 5

Perusahaan yang berorientasi pasar
Dell, Inc. adalah sebuah perusahaan yang berbasis di  Round Rock, TexasAmerika Serikat, memproduksi dan memasarkan perangkat keras komputer (kebanyakan klon IBM). Sebagian pasarnya berada di komputer pribadi, namun Dell juga menjual serveralat penyimpanan data,switch jaringan, dan kluster komputer untuk perusahaan.

A.     Visi dan Misi Dell Computer 
Ø Visi
Melalui komunitas partnership yang efektif dan strategis, Dell membantu program pelayanan pendidikan yang menempatkan akses teknologi yang paling kritis dan dasar yang diperlukan oleh komunitas Dell sebagai prasyarat untuk sukses di dunia digital.

Ø Misi
1. Menjadi perusahaan komputer yang paling berhasil di dunia dalam hal memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan.
2. Berusaha memenuhi harapan terbaik para pelanggan terhadap kualitas, teknologi, harga, tanggung jawab dan pelayanan.
3. Menjadi perusahaan yang memiliki kemampuan penyesuaian yang fleksibel, karyawan yang bisa saling bekerja sama, dan memiliki kestabilan finansial.

B.     Strategi Bisnis Dell Computer
1. Strategi Generik
Dell Inc. memiliki strategi generik dalam menjalankan bisnisnya sebagai low-cost provider. Sebagai produsen perangkat keras komputer, Dell Inc. menawarkan harga yang lebih rendah daripada pesaing-pesaingnya seperti Hewlett-Packard, Cisco, IBM, dan lain-lain. Hal ini disebabkan karena untuk jenis produk yang sama, Dell Inc. menetapkan tingkat margin yang lebih rendah sehingga harga yang ditawarkan kepada pelanggan menjadi lebih murah dan Dell Inc. mampu memberikan penghematan kos yang signifikan bagi mereka. Untuk mencapai hal tersebut Dell Inc. melakukan analisis rantai nilai dan bekerja sama dengan pemasok kunci yang dapat memasok barang dengan harga yang lebih rendah tetapi tetap menjaga kualitas pasokannya. Analisis rantai nilai yang dilakukan Dell Inc. mampu menghilang aktivitas penjualan dan pemasaran melalui reseller, dimana aktivitas tersebut dimiliki oleh pesaing Dell Inc. yang lain. Strategi penjualan langsung yang diterapkan oleh Dell Inc. menjadikan perusahaan tersebut memiliki rantai nilai yang lebih pendek daripada pesaingnya sehingga memberikan keunggulan kompetitif tersendiri bagi Dell Inc.

2. Strategi Pendukung
Pembuat PC lainnya seperti IBM, H-P, dan Compaq, merancang dan membuat produk mereka berdasarkan ramalan pasar. Produk mereka lebih dulu di simpan di gudang dan kemudian dikirim ke agen, pengecer dan perantara lainnya yang biasanya menaikkan harga 20–30 persen sebelum dijual ke konsumen. Akan tetapi hail ini berbeda dengan Dell, Dell komputer menggunakan model “langsung”, mereka melakukan langkah-langkah :
Dell merancang komputer sesuai pesanan, setelah menerima pesanan, disamping membuatnya untuk persediaan. Sehingga, perusahaan hanya memiliki persediaan komponen dan barang jadi yang sedikit (rata- rata, 7-11 hari untuk Dell, dan 70-100 hari untuk perusahaan lain dan pengecernya). Pengurangan persediaan yang besar sangat menghemat biaya modal untuk penyimpanan lebih penting lagi, persediaan yang rendah memberikan Dell keunggulan teknologi. Prosesor mikro dan teknologi komponen terus maju tanpa tertahan . Dan komponen Dell lebih baru 60 hari dari IBM atau Compaq. 

3. Strategi Bersaing di Pasar Global
Selain berjuang untuk menjadi pemimpin di pasar Amerika Serikat, Dell juga mengembangkan bisnisnya untuk bersaing di pasar global, terutama di negara-negara yang sedang berkembang. Harus diakui meskipun Dell memiliki pangsa pasar terbesar di Amerika Serikat, namun secara global pangsa pasar terbesar masih dipegang oleh pesaing utamanya, yaitu Hewlett-Packard. Strategi Dell untuk memasuki pasar global adalah melakukan kontrak bisnis dengan sejumlah perusahaan manufaktur di wilayah Asia. Pada awalnya Dell melakukan “two-two system” dalam memproduksi laptopnya. Sistem ini berupa menyerahkan sebagian proses perakitan laptopnya kepada perusahaan-perusahaan komputer di Asia, selanjutnya produk setengah jadi tersebut dikirimkan kembali kepada Dell untuk dirakit menjadi produk jadi. Namun, sistem seperti ini menjadikan proses produksi Dell Inc. menjadi tidak efisien. Sehingga pada akhirnya Dell melakukan 100% outsourcing dalam memproduksi laptop tersebut.


Kejujuran adalah kata kunci keberhasilan dalam karir perdagangan
Sikap jujur adalah kunci utama dari kepercayaan pelanggan. Kepercayaan bukanlah sesuatu yang diciptakan. Tetapi kepercayaan adalah sesuatu yang dilahirkan. Jadi sikap jujur ini adalah dari nilai tambah dan pengalaman lebih yang akan ditawarkan. Sebaik apapun value yang kita coba tawarkan pada pelanggan apabila kita tidak bersikap jujur maka semuanya akan sia-sia dan kemungkinan besar akan mendapatkan kerugian yang besar. Jika kita ingin karir perdagangan kita sukses besar, maka hal utama yang harus dilakukan adalah membangun kepercayaan kepada konsumen dan terus meningkatkan kualitas mutu barangnya.


Penerapan CMR di dalam perusahaan dan manfaatnya
Customer Relationship Management (CRM) adalah sebuah pendekatan untuk mengelola interaksi perusahaan dengan pelanggan saat ini dan masa depan. Ini sering melibatkan menggunakan teknologi untuk mengatur, mengotomatisasi, dan sinkronisasi penjualan, pemasaran, layanan pelanggan, dan dukungan teknis. CRM adalah fitur berorientasi pelanggan dengan respon layanan berdasarkan masukan pelanggan, satu-ke-satu solusi untuk kebutuhan pelanggan, komunikasi online langsung dengan pelanggan dan customer service center yang dimaksudkan untuk membantu pelanggan memecahkan masalah mereka.
Customer Relationship Management (CRM) merupakan salah satu perkembangan dari e-commerce yang memperkenankan perusahaan untuk mengembangkan hubungan lebih dekat dengan pelanggan yang dapat mempelajari pilihan layanan yang sesuai dengan permintaan pelanggan.
Selain itu penggunaan Customer Relationship Management (CRM) dalam perusahaan dagang dapat diharapkan komunikasi dengan pelanggan dan calon pelanggan lebih variatif. Sehingga penggunaan Customer Relationship Management (CRM) ini dapat meningkatkan penjualan perusahaan dagang seperti sepeda motor ini. Dengan media komunikasi berbasis internet dengan kecanggihan teknologi inilah suatu perusahaan dapat meningkatkan nilai perusahaannya dan berkembang seiring dengan perkembangan.

Manfaat :
1.      Meningkatkan Jumlah pelanggan dengan menerapkan system CRM ini diharapkan dapat menarik minat pelanggan baru di samping tetap memelihara tingkat kepuasan pelanggan yang sudah ada.
2.      Perusahaan dapat mengetahui kebutuhan pelanggan pada masa yang akan datang, yaitu melalui hasil transaksi yang sudah dilakukan dan dari hasil analisa data transaksi yang sudah terkumpul.
3.      Mengetahui perbaikan yang harus dilakukan pada pelayanan yang diberikan kepada pelanggan.
4.      Meningkatkan loyalitas pelanggan aplikasi CRM dengan menggunakan informasi dari semua pelanggan di dunia nyata maupun di dunia maya. Konsistensi ini memungkinkan kegiatan dagang tersebut lebih baik dari informasi penting mengenai pelanggan.
5.      Penggunaan aplikasi CRM juga bermanfaat untuk mengurangi biaya. Dalam manfaat aplikasi ini, CRM memungkinkan penjualan dan pelayanan dengan biaya lebih murah dalam sebuah skema program pemasaran yang spesifik dan terfokus.
6.      Aplikasi CRM juga berfungsi untuk meningkatkan pendapatan dan keuntungan. Hal tersebut dikarenakan penggunaan CRM dapat melakukan penjualan dan pelayanan melalui website sehingga peluang dari penjualan dapat terlaksana tanpa perlu menyediakan upaya khusus untuk mendukung penjualan dan pelayanan tersebut.


Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar