Perusahaan yang berorientasi pasar
Dell, Inc. adalah sebuah perusahaan
yang berbasis di Round
Rock, Texas, Amerika
Serikat, memproduksi dan memasarkan perangkat keras komputer (kebanyakan
klon IBM). Sebagian pasarnya berada di komputer
pribadi, namun Dell juga menjual server, alat penyimpanan data,switch
jaringan, dan kluster
komputer untuk perusahaan.
A.
Visi dan Misi Dell Computer
Ø Visi
Melalui
komunitas partnership yang efektif dan strategis, Dell membantu program
pelayanan pendidikan yang menempatkan akses teknologi yang paling kritis dan
dasar yang diperlukan oleh komunitas Dell sebagai prasyarat untuk sukses di
dunia digital.
Ø Misi
1.
Menjadi perusahaan komputer yang paling berhasil di dunia dalam hal memberikan
pengalaman terbaik bagi pelanggan.
2.
Berusaha memenuhi harapan terbaik para pelanggan terhadap kualitas, teknologi,
harga, tanggung jawab dan pelayanan.
3.
Menjadi perusahaan yang memiliki kemampuan penyesuaian yang fleksibel, karyawan
yang bisa saling bekerja sama, dan memiliki kestabilan finansial.
B.
Strategi
Bisnis Dell Computer
1.
Strategi Generik
Dell Inc. memiliki strategi generik
dalam menjalankan bisnisnya sebagai low-cost provider. Sebagai produsen
perangkat keras komputer, Dell Inc. menawarkan harga yang lebih rendah daripada
pesaing-pesaingnya seperti Hewlett-Packard, Cisco, IBM, dan lain-lain. Hal ini
disebabkan karena untuk jenis produk yang sama, Dell Inc. menetapkan tingkat
margin yang lebih rendah sehingga harga yang ditawarkan kepada pelanggan
menjadi lebih murah dan Dell Inc. mampu memberikan penghematan kos yang
signifikan bagi mereka. Untuk mencapai hal tersebut Dell Inc. melakukan
analisis rantai nilai dan bekerja sama dengan pemasok kunci yang dapat memasok
barang dengan harga yang lebih rendah tetapi tetap menjaga kualitas pasokannya.
Analisis rantai nilai yang dilakukan Dell Inc. mampu menghilang aktivitas
penjualan dan pemasaran melalui reseller, dimana aktivitas tersebut dimiliki
oleh pesaing Dell Inc. yang lain. Strategi penjualan langsung yang diterapkan
oleh Dell Inc. menjadikan perusahaan tersebut memiliki rantai nilai yang lebih
pendek daripada pesaingnya sehingga memberikan keunggulan kompetitif tersendiri
bagi Dell Inc.
2. Strategi
Pendukung
Pembuat PC lainnya seperti IBM, H-P, dan
Compaq, merancang dan membuat produk mereka berdasarkan ramalan pasar. Produk
mereka lebih dulu di simpan di gudang dan kemudian dikirim ke agen, pengecer
dan perantara lainnya yang biasanya menaikkan harga 20–30 persen sebelum dijual
ke konsumen. Akan tetapi hail ini berbeda dengan Dell, Dell komputer
menggunakan model “langsung”, mereka melakukan langkah-langkah :
Dell merancang komputer sesuai pesanan, setelah menerima pesanan, disamping membuatnya untuk persediaan. Sehingga, perusahaan hanya memiliki persediaan komponen dan barang jadi yang sedikit (rata- rata, 7-11 hari untuk Dell, dan 70-100 hari untuk perusahaan lain dan pengecernya). Pengurangan persediaan yang besar sangat menghemat biaya modal untuk penyimpanan lebih penting lagi, persediaan yang rendah memberikan Dell keunggulan teknologi. Prosesor mikro dan teknologi komponen terus maju tanpa tertahan . Dan komponen Dell lebih baru 60 hari dari IBM atau Compaq.
Dell merancang komputer sesuai pesanan, setelah menerima pesanan, disamping membuatnya untuk persediaan. Sehingga, perusahaan hanya memiliki persediaan komponen dan barang jadi yang sedikit (rata- rata, 7-11 hari untuk Dell, dan 70-100 hari untuk perusahaan lain dan pengecernya). Pengurangan persediaan yang besar sangat menghemat biaya modal untuk penyimpanan lebih penting lagi, persediaan yang rendah memberikan Dell keunggulan teknologi. Prosesor mikro dan teknologi komponen terus maju tanpa tertahan . Dan komponen Dell lebih baru 60 hari dari IBM atau Compaq.
3.
Strategi Bersaing di Pasar Global
Selain berjuang untuk menjadi pemimpin
di pasar Amerika Serikat, Dell juga mengembangkan bisnisnya untuk bersaing di
pasar global, terutama di negara-negara yang sedang berkembang. Harus diakui
meskipun Dell memiliki pangsa pasar terbesar di Amerika Serikat, namun secara
global pangsa pasar terbesar masih dipegang oleh pesaing utamanya, yaitu
Hewlett-Packard. Strategi Dell untuk memasuki pasar global adalah melakukan
kontrak bisnis dengan sejumlah perusahaan manufaktur di wilayah Asia. Pada
awalnya Dell melakukan “two-two system” dalam memproduksi laptopnya. Sistem ini
berupa menyerahkan sebagian proses perakitan laptopnya kepada
perusahaan-perusahaan komputer di Asia, selanjutnya produk setengah jadi
tersebut dikirimkan kembali kepada Dell untuk dirakit menjadi produk jadi.
Namun, sistem seperti ini menjadikan proses produksi Dell Inc. menjadi tidak
efisien. Sehingga pada akhirnya Dell melakukan 100% outsourcing dalam
memproduksi laptop tersebut.
Kejujuran adalah kata kunci keberhasilan dalam
karir perdagangan
Sikap jujur adalah kunci utama dari
kepercayaan pelanggan. Kepercayaan bukanlah sesuatu yang diciptakan. Tetapi
kepercayaan adalah sesuatu yang dilahirkan. Jadi sikap jujur ini adalah dari
nilai tambah dan pengalaman lebih yang akan ditawarkan. Sebaik apapun value
yang kita coba tawarkan pada pelanggan apabila kita tidak bersikap jujur maka
semuanya akan sia-sia dan kemungkinan besar akan mendapatkan kerugian yang
besar. Jika kita ingin karir perdagangan kita sukses besar, maka hal utama yang
harus dilakukan adalah membangun kepercayaan kepada konsumen dan terus
meningkatkan kualitas mutu barangnya.
Penerapan CMR di dalam perusahaan dan manfaatnya
Customer Relationship Management (CRM)
adalah sebuah pendekatan untuk mengelola interaksi perusahaan dengan pelanggan
saat ini dan masa depan. Ini sering melibatkan menggunakan teknologi untuk
mengatur, mengotomatisasi, dan sinkronisasi penjualan, pemasaran, layanan
pelanggan, dan dukungan teknis. CRM adalah fitur berorientasi pelanggan dengan
respon layanan berdasarkan masukan pelanggan, satu-ke-satu solusi untuk
kebutuhan pelanggan, komunikasi online langsung dengan pelanggan dan customer
service center yang dimaksudkan untuk membantu pelanggan memecahkan masalah
mereka.
Customer Relationship Management (CRM)
merupakan salah satu perkembangan dari e-commerce yang memperkenankan
perusahaan untuk mengembangkan hubungan lebih dekat dengan pelanggan yang dapat
mempelajari pilihan layanan yang sesuai dengan permintaan pelanggan.
Selain itu penggunaan Customer
Relationship Management (CRM) dalam perusahaan dagang dapat diharapkan
komunikasi dengan pelanggan dan calon pelanggan lebih variatif. Sehingga
penggunaan Customer Relationship Management (CRM) ini dapat
meningkatkan penjualan perusahaan dagang seperti sepeda motor ini. Dengan media
komunikasi berbasis internet dengan kecanggihan teknologi inilah
suatu perusahaan dapat meningkatkan nilai perusahaannya dan berkembang seiring
dengan perkembangan.
Manfaat
:
1.
Meningkatkan
Jumlah pelanggan dengan menerapkan system CRM ini diharapkan dapat menarik
minat pelanggan baru di samping tetap memelihara tingkat kepuasan pelanggan
yang sudah ada.
2.
Perusahaan
dapat mengetahui kebutuhan pelanggan pada masa yang akan datang, yaitu melalui
hasil transaksi yang sudah dilakukan dan dari hasil analisa data transaksi yang
sudah terkumpul.
3.
Mengetahui
perbaikan yang harus dilakukan pada pelayanan yang diberikan kepada pelanggan.
4.
Meningkatkan
loyalitas pelanggan aplikasi CRM dengan menggunakan informasi dari semua
pelanggan di dunia nyata maupun di dunia maya. Konsistensi ini memungkinkan
kegiatan dagang tersebut lebih baik dari informasi penting mengenai pelanggan.
5.
Penggunaan
aplikasi CRM juga bermanfaat untuk mengurangi biaya. Dalam manfaat aplikasi
ini, CRM memungkinkan penjualan dan pelayanan dengan biaya lebih murah dalam
sebuah skema program pemasaran yang spesifik dan terfokus.
6.
Aplikasi
CRM juga berfungsi untuk meningkatkan pendapatan dan keuntungan. Hal tersebut
dikarenakan penggunaan CRM dapat melakukan penjualan dan pelayanan melalui
website sehingga peluang dari penjualan dapat terlaksana tanpa perlu
menyediakan upaya khusus untuk mendukung penjualan dan pelayanan tersebut.
Sumber
:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar